Pemimpin Kongres Rahul Gandhi Percaya India Perlu Fokus pada Isu-Isu Dasar

Pemimpin kongres Rahul Gandhi percaya bahwa India perlu lebih fokus pada isu-isu dasar mengenai manusia biasa. Kongres hari ini mendukung pernyataan MP Rahul Gandhi bahwa ada lebih banyak isu penting daripada perselisihan Ayodhya. Juru bicara Kongres Manish Tiwari saat menjawab pertanyaan dari media pada pernyataan Gandhi mengatakan bahwa anggota parlemen Kongres hanya mencerminkan perasaan sejumlah besar orang muda yang ingin membawa negara itu ke jalan damai dan kemajuan. Gandhi sementara menerima bahwa masalah Ayodhya penting bagi sebagian orang karena mereka memiliki perspektif tertentu tentang hal itu, dan dalam pandangan demokrasi semua harus didengarkan, tetapi dia pribadi merasa bahwa masalah ini tidak sepenting terkait dengan pengembangan negara seperti pendidikan, infrastruktur, teknologi dll. Gandhi berusaha untuk mengontekstualisasikan masalah Ayodhya, dan dia sebelumnya juga menyatakan bahwa masalah yang berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari masyarakat harus diberikan prioritas, kata Mr Tiwari. gagal.

Kongres mungkin telah dibenarkan dalam klaimnya bahwa masalah Ayodhya harus diselesaikan melalui dialog atau putusan pengadilan. Namun pada hari Kamis, partai mulai berharap bahwa putusan Pengadilan Tinggi Allahabad tentang gugatan gelar tidak mengarah pada polarisasi politik. Kongres harus membayar mahal untuk polarisasi pada masalah Mandal dan Mandir dan masih mencoba untuk memulihkan tanah yang hilang di jantung Hindi.

Ini kehilangan dukungan dari kedua Hindu dan Muslim setelah pembongkaran struktur yang disengketakan di Ayodhya dan berkurang menjadi pemain marjinal di wilayah tersebut. Sementara putusan telah meningkatkan moral BJP-VHP-RSS, Dewan Waqf Sunni berencana untuk mengajukan banding terhadapnya di Mahkamah Agung.

Banyak yang akan bergantung pada dampak ini pada partai politik di seluruh spektrum. Namun, tidak seperti afiliasi dan pemimpin Sangh seperti Mulayam Singh Yadav, Lalu Prasad atau Mayawati, Kongres tidak dalam posisi untuk mengambil sikap yang miring terhadap satu bagian. atau lebih, pada isu yang diperdebatkan seperti Ayodhya di mana sebuah kuil sekarang diusulkan, memiliki kapasitas untuk meningkatkan gairah dan menentukan politik. “Vonis itu akan memberanikan BJP untuk menaikkan lapangan untuk kuil di lokasi itu,” kata seorang pemimpin Kongres.

Pada bagiannya, Kongres telah menekankan bahwa putusan tidak harus dilihat sebagai kemenangan atau kekalahan. “Kita semua harus menyambut dan menghormati putusan,” upaya seluruh kepala departemen Janardhan Dwivedi partai akan menjaga perdebatan tentang putusan Ayodhya tenang dan tidak memihak sehingga itu dianggap hanya sebagai hasil dari perintah pengadilan. Tetapi tanggapannya sendiri harus dipandu oleh bagaimana pihak-pihak lain dan para pemimpin menggunakan atau memanfaatkan masalah tersebut. Ini berlaku sama seperti cara orang Muslim melanjutkan.

Dengan Bihar akan melakukan pemungutan suara bulan depan dan pemilihan Majelis Uttar Pradesh yang penting yang akan diadakan pada tahun 2012, Kongres berharap bahwa dukungan Muslim yang telah diperolehnya kembali di masa lalu tetap akan kesepakatan Kongres dengan situasi seperti itu? Jika pernyataan Amethi MP Rahul Gandhi baru-baru ini merupakan indikasi, partai akan berulang kali menyoroti isu-isu roti-dan-mentega yang secara langsung berdampak pada kehidupan orang biasa. Sebuah pertemuan kelompok inti, yang termasuk presiden Kongres Sonia Gandhi, juga mengambil alih stok situasi dan menerbitkan kembali permohonan untuk perdamaian dan harmoni.