Percobaan Impeachment Terlalu Lama

Sidang impeachment terhadap Hakim Agung Corona membutuhkan waktu lebih lama yang diharapkan siapa pun. Sudah tiga minggu, namun mereka belum mencakup semua yang dinyatakan dalam Pasal 1.

Itu, bersama dengan lebih dari seratus saksi yang direncanakan oleh penuntutan untuk diajukan ke pengadilan, persidangan akan mengambil lebih banyak waktu yang telah dijadwalkan. Karena itu, Presiden Senat Juan Ponce Enrile menyarankan kepada jaksa dan juga pihak pembela untuk memangkas jumlah kesaksian dan bukti dokumenter, khususnya di kalangan jaksa.

Terlalu lama Senin lalu, Senator Ramon “Bong” Revilla Jr. telah menambahkan suaranya kepada kekhawatiran Senator Miriam Defensor-Santiago bahwa dengan penuntutan diucapkan persidangan bisa berlarut-larut selama berbulan-bulan. Mengatakan bahwa Senat menyimpang dari kerja legislatifnya, Revilla menunjukkan bahwa dalam tujuh sidang terakhir, tingkat presentasi saksi adalah satu hari.

“Jika kita melanjutkan dengan langkah ini, persidangan bisa berlangsung selama satu tahun,” katanya. “Saya tidak ingin menginjak-injak hak penuntutan untuk memberikan bukti dan pada panel pertahanan untuk membentuk pertahanan terbaik. Tapi mungkin kedua panel dapat melihat kembali daftar saksi dan bukti mereka? Apakah kita benar-benar perlu mendengar semua mereka?”

Menurut Philippines Current Events, daftar calon dari 100 saksi yang dituntut jaksa pada hari Jumat termasuk Menteri Kehakiman Leila de Lima, Ombudsman Conchita Carpio Morales, dan para dokter mantan Presiden dan sekarang Perwakilan Pampanga Gloria Arroyo dan wartawan. Pembela mengatakan itu memanggil 15 saksi.

Meskipun jaksa telah mengeluhkan taktik menunda pertahanan, terutama dengan keberatan teknisnya yang berulang, Presiden Senat Enrile juga menekankan untuk mengatakan bahwa kurangnya persiapan jaksa juga memperlambat persidangan.

Bertujuan untuk Konferensi Praperadilan Sesuai dengan Peristiwa Terkini di Filipina, pada awal persidangan, Enrile telah mengesampingkan mosi pertahanan untuk konferensi praperadilan untuk membahas penyajian bukti. “Saya khawatir itu akan disalahpahami oleh publik, bahwa akan ada kecurigaan lutong Macau. Itu sebabnya saya tidak setuju dengan itu,” jelasnya Senin.

“Tapi sekarang, setelah pengumuman bahwa akan ada banyak saksi dan akan ada ribuan, atau lebih tepatnya, ratusan dokumen, itu akan memakan banyak waktu. Itulah sebabnya, sebanyak mungkin, kedua panel harus menyetrika ini. keluar, “katanya. “Saya tidak akan memaksakan mereka. Ini hanya sebuah saran.” Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs kami di