Pesona, Persuasi, dan Informasi Merupakan Ciri-ciri Kelompok Lobi

Kelompok lobi dirancang untuk mempengaruhi keputusan para legislator terpilih dan anggota birokrasi yang ditunjuk.

Pelobi terdiri dari pihak yang tertarik dari organisasi sipil, perusahaan, asosiasi, kelompok agama dan bahkan legislatif dan birokrat.

Para pelobi ini menginginkan sesuatu dari pejabat pemerintah yang akan memberikan bantuan kepada kelompok khusus mereka. Bantuan itu bisa berupa undang-undang khusus yang akan memberi kelompok keringanan pajak, proyek yang akan mendapatkan uang kelompok mereka atau menugaskan mereka kontrak pemerintah.

Ada pelobi profesional yang melobi untuk kelompok tertentu, seperti produsen, kepentingan perbankan, dan penyebab lingkungan. Kelompok profesional yang melobi produsen, misalnya, dapat mencoba membujuk legislator untuk memberikan pengurangan pajak yang lebih besar kepada produsen ketika membeli barang modal.

Beberapa kelompok lobi terdiri dari para relawan. Misalnya, sekelompok orang tua yang khawatir tentang batas kecepatan di depan sekolah mungkin akan melobi dewan desa setempat untuk mengurangi batas kecepatan dan memasang tanda berhenti. Ini adalah tipe-tipe organisasi lobi yang dapat muncul tiba-tiba, mencapai tujuan yang dicari dan kemudian dengan cepat menghilang lagi.

Pelobi mungkin muncul untuk saling bertarung, dengan masing-masing kelompok mengambil sisi yang berbeda. Sebagai contoh, petani dapat melobi legislatif untuk meningkatkan peruntukan air yang dapat mereka ambil dari sungai di kepemilikan publik. Sekelompok nelayan ikan trout mungkin keberatan karena menarik air terlalu rendah akan merusak ikan.

Sebuah organisasi lobi ketiga, yang terdiri dari para petani di daerah lain, dapat bangkit untuk memastikan bahwa kelompok petani pertama tidak mendapat tambahan air. Ini akan menjadi kelompok yang melayani diri sendiri yang melihat bahwa dengan tambahan air, para petani lain dapat mengancam mata pencaharian mereka.

Kelompok ketiga ini akan menyembunyikan keterlibatannya dengan memihak para pemancing ikan trout, memberi mereka uang untuk menyewa ahli dan pengacara.

Menjadi tidak mungkin untuk melabelkan kelompok lobi mana yang bagus dan mana yang buruk.

Hasil apa yang merupakan pertarungan politik di mana masing-masing pihak mengklaim sebagai orang baik.

Kelompok-kelompok pelobi menggunakan berbagai teknik untuk mempresentasikan pihak mereka sebagai yang terbaik, termasuk argumen hukum, tindakan hubungan masyarakat, kekuatan perdebatan dan argumen dan bahkan memperlakukan legislator dengan perjalanan ke resor mewah pada misi pencari fakta.

Di Amerika Serikat, pelobi dilindungi oleh Amandemen Pertama Konstitusi dengan hak untuk mengajukan petisi kepada pemerintah. Kekuatan ini digunakan untuk membujuk dan menyajikan argumen dan tujuan kepada legislator.

Pelobi harus terampil dalam seni persuasi. Permohonan yang mereka buat harus berorientasi pada individu dan kelompok. Pelobi akan memiliki informasi yang baik dan percaya diri. Pesona pribadi tentu saja merupakan sifat yang melayani pelobi dengan baik.

Orang dapat terlibat dalam lobi langsung, seperti bertemu dengan anggota legislatif secara langsung. Pelobi akan menyajikan informasi dengan bagan, laporan, jajak pendapat, dan data lainnya.

Lobi tidak langsung akan melibatkan pemanggilan, penulisan dan demonstrasi atas nama penyebabnya. Pelobian semacam ini juga dilakukan melalui media.

Kelompok lobi tertarik untuk memenuhi misinya dengan membujuk seorang legislator atau birokrat untuk bertindak dengan cara yang menguntungkan kelompok tersebut. Pelobi menyelesaikan ini dengan berbagi informasi untuk memindahkan legislator bertindak. Ini dilakukan melalui lobi langsung atau tidak langsung.